Home

INFO PDB

Login Form



Selamat datang di situs resmi SMA Pangudi Luhur St.Yusup Yogyakarta .

Situs ini merupakan wujud dari kesungguhan kami untuk membangun komunikasi interaktif  antara sekolah, siswa, orang tua, alumni dan masyarakat demi meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini.

Melalui situs SMA Pangudi Luhur St.Yusup Yogyakarta, kami hantarkan Anda untuk mengakses berita dan perkembangan apa yang sudah ada sesuai dengan visi SMA Pangudi Luhur St.Yusup Yogyakarta yaitu “Terbuka Menghadapi Tantangan Zaman”.


Salam dan hormat kami,





Drs. Br. Yohanes Sudaryono, M.Pd, FIC.
Kepala SMA Pangudi Luhur St.Yusup Yogyakarta


 
Gladi Kepepimpinan Kelas X SMA PL Yogyakarta
Berita - Sekolah
Ditulis oleh Humas SMA PL Yogyakarta   

Visi SMA PL Yogyakarta adalah “Terbentuknya pribadi beriman, berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan terbuka dalam menghadapi tantangan zaman”, dari visi tersebut SMA PL ingin menerapkan pembentukan pribadi yang berbudi pekerti luhur, cerdas, serta terampil sejak awal. Yaitu dengan mengadakan gladi kepepimpinan bagi siswa siswi kelas X, yang dilaksakan dalam 2 gelombang. Gelombang pertama bagi kelas X IPS 1 – X IPS 2, yaitu pada tanggal 25-27 Juli 2019. Dan gelombang yang kedua adalah bagi kelas X MIPA 1 – X MIPA 2, yang dilaksanakan seminggu setelahnya, tepatnya pada tanggal 1-3 Agustus 2019.

Kamis pagi kami tetap mengikuti pelajaran seperti biasa sampai jam ke 6. Setelah itu kami makan siang di sekolah, sekitar pukul 13.00 kami masuk ke bis dan berangkat ke Wisma Pojok Indah. Sampai di sana, kami dibagi kamar dan istirahat.

Sorenya, acara dibuka oleh bruder. Malam harinya, tepatnya setelah kami mandi, kami masuk ke sesi pertama, yaitu tentang “Kelebihan dan Kekuranganku”. Dalam sesi ini kami diminta menulis kelebihan dan kekurangan kami masing-masing, kemudian kami diminta membuat kubus dan menuliskan kebaikan-kebaikan kami di sisi luar dari kubus, dan memasukkan tulisan kekurangan kami ke dalam kubus, yang diharapkan kelebihan kami bisa dengan mudah kami baca dan kami lakukan, dan sesekali juga harus membuka kubus untuk melihat kekurangan-kekurangan dalam diri kami, agar kami bisa menghilangkan kebiasaan buruk kami.

Hari berikutnya, kami masuk ke sesi berikutnya, dalam sesi ini kami diminta menuliskan mimpi-mimpi kami dan menuliskan kebaikan/kelebihan SMA PL Yogyakarta yang dalam 3 tahun ke depan akan menjadi sarana kami dalam meraih mimpi-mimpi kami. Sorenya kami kegiatan outdoor, diisi dengan beberapa game yang membutuhkan fokus, kerja sama tim, dan kepercayaan kepada setiap anggota tim. Yang diharapkan dalam kami belajar di SMA PL, kami bisa selalu kompak dan bekerja sama satu sama lain.

Hari terakhir, kami diajari membuat kapal mainan dari kertas, setelah kami mengetahui caranya kami diminta menghitung waktu yang dibutuhkan untuk membuat 1 buah kapal. Setelah itu kami diminta menuliskan target yang bias dibuat dalam waktu 10 menit, kemudian kami mulai membuat kapal sesuai dengan waktu yang ditentukan. Dari situ ada yang bisa menyelesaikan targetnya masing-masing, ada yang tidak bias, tapi ada yang melebihi target yang dibuat. Dari sini diharapkan kami bisa mengetahui potensi-potetensi dalam diri kami dan membuat target yang kiranya sesusai dengan potensi atau bakat kami. Siangnya acara ditutup dan kami pulang. (Anna/X.MIPA.2, Ida)

 
Lomba 17an SMA Pangudi Luhur Yogyakarta
Berita - Sekolah
Ditulis oleh Humas SMA PL Yogyakarta   

Paska ulang tahun NKRI yang ke-74, Selasa, 16 Agustus 2019 SMA Pangudi Luhur Yogya kembali menyelenggarakan lomba-lomba 17an yang tak kalah menyenangkan dan menarik dari tahun sebelumnya. Maka, kami telah melakukan wawancara dengan ketua panitia lomba 17an, Selly Wijayantie dari kelas XI IPS 3. “Tahun ini sih kalo menurutku lebih rame ada peningkatan juga jadi lebih solid, udah lebih paham lombanya di SMA PL itu kayak gimana. Terus anak-anaknya bisa diajak kerja sama”. Mulai dari teman-teman kelas X sampai kelas XII, dan juga guru-guru ikut berpatisipasi dalam lomba-lomba yang telah diselenggarakan oleh panitia lomba 17an.

Kegiatan pada hari Selasa, 16 Agustus 2019 di awali dengan renungan pagi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMA PL diakhiri dengan sambutan wali kelas masing-masing. Setelah itu, lomba pertama pun siap dimulai, yaitu Lomba Kelereng dan Makan Kerupuk. Partisipan tampak heboh mendukung teman sekelompok untuk cepat memenangkan perlombaan tersebut. Untuk lomba yang kedua, melibatkan para guru wali kelas bersama dengan perwakilan kelasnya mengikuti lomba What is in the box. Aksi para guru yang terlihat menarik membuat para penonton tertawa melihatnya. Untuk lomba yang ketiga yaitu lomba sanyukilo pintar, lomba ini lebih cenderung membuat para partisipan yang mengikuti untuk tetap sabar dan pintar dalam menebak kata yang disediakan.

Lomba yang keempat, yaitu lomba Lepas Koin dengan koin yang ditancapkan ke dalam sebuah buah. Lomba ini membutuhkan partisipan dengan gigi yang kuat dan berani kotor. Untuk lomba yang terakhir menjadi puncak kegiatan dari lomba 17an, yaitu Lomba Sarung Bola Kerucut. Nah untuk teman-teman yang penasaran sama asal-usulnya lomba Sarung Bola Kerucut kami sudah menyiapkan jawabannya. “Asal-usulnya itu kita rapat malem-malem sebenarnya ini tuh mendadak terus kita pikirin rame-rame sampe akhirnya kita mikir kalo cuma sepak bola itu udah biasa banget pake sarung juga pasti udah banyak banget pengen mencoba untuk hal baru  yang jarang dan belum pernah diadakan yang sebenarnya untuk lebih menantang aja supaya lebih seru dan ternyata acaranya kemarin rame”, jelas Selly Wijiantie (Ketua Panitia).  Selain itu “Untuk meningkatkan solidaritasnya, bisa selalu kompak, bisa melatih kerjasama bareng-bareng gitu meningkatkan kepekaan juga sih sebenarnya.” Begitulah tujuan diadakannya lomba 17an ini.

 

Natania Regina Clarabella Serafina (X MIPA 1)

 
Misa Syukur (Tahun Pelajaran 2019/2020)
Berita - Sekolah
Ditulis oleh Humas SMA PL Yogyakarta   

SMA Pangudi Luhur Yogyakarta mengadakan misa syukur pada tahun ajaran baru 2019/2020  tepatnya pada tanggal 23 juli yang lalu.Sudah menjadi kebiasaan bagi kami pada tahun tahun sebelumya yaitu setiap tahun ajaran baru diadakan misa syukur, dengan tujuan memohon berkat dari tuhan melalui misa syukur ini.

Misa ekaristi dipimpin oleh 3 romo di indoor sekolah,diikuti oleh Bruder,semua guru,karyawandan seluruh siswa siswi sma pangudidi luhur jogja,misa dapat berjalan dengan tertib,khimad dan lancar. sebelum homili juga ada pemberkatan setiap ruang ruang kelas,setelah itu dilanjutkan dengan homili.

Di dalam homilinya romo berkata tentang pendidikan karakter dan nilai nilai ketekunan,kerja keras dan tanggung jawab,siswa siswi juga mengikuti dengan khusyuk apalagi lagu lagu yang dibawakan dengan semagat dan diiringi gamelan menambah suasana menjadi meriah.

Sebelum misa berakhir dilanjutkan pemberkatan tim gpc yang waktu itu akan mengikuti lomba,setelah itu ucapan terimaksih dan dilanjutkan pemberkatan dan makan siang bersama diindoor. (Pelita)

 
INFO PENERIMAAN SISWA BARU 2019/2020
ppdb - ppdb
Ditulis oleh Humas SMA PL Yogyakarta   

INFORMASI PPDB 2019/2010 SILAHKAN MASUK KE

ppdb.smaplyk.sch.id




 
 

Kalender Akademik

<<  Juli 2019  >>
 Se  Se  Ra  Ka  Ju  Sa  Mi 
  1  2  3  4  5  6  7
  8  91011121314
15161718192021
22232425262728
293031    

Pengunjung

Kami memiliki 33 Tamu online

Jajak Pendapat

Pembelajaran Berbasis TIK