Home
smaplyk.sch.id
Info PPDB 2015-2016

Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru 2015-2016 silahkan lihat bagian INFO PPDB!!

 
Lomba 17an SMA Pangudi Luhur Yogyakarta

Paska ulang tahun NKRI yang ke-74, Selasa, 16 Agustus 2019 SMA Pangudi Luhur Yogya kembali menyelenggarakan lomba-lomba 17an yang tak kalah menyenangkan dan menarik dari tahun sebelumnya. Maka, kami telah melakukan wawancara dengan ketua panitia lomba 17an, Selly Wijayantie dari kelas XI IPS 3. “Tahun ini sih kalo menurutku lebih rame ada peningkatan juga jadi lebih solid, udah lebih paham lombanya di SMA PL itu kayak gimana. Terus anak-anaknya bisa diajak kerja sama”. Mulai dari teman-teman kelas X sampai kelas XII, dan juga guru-guru ikut berpatisipasi dalam lomba-lomba yang telah diselenggarakan oleh panitia lomba 17an.

Kegiatan pada hari Selasa, 16 Agustus 2019 di awali dengan renungan pagi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMA PL diakhiri dengan sambutan wali kelas masing-masing. Setelah itu, lomba pertama pun siap dimulai, yaitu Lomba Kelereng dan Makan Kerupuk. Partisipan tampak heboh mendukung teman sekelompok untuk cepat memenangkan perlombaan tersebut. Untuk lomba yang kedua, melibatkan para guru wali kelas bersama dengan perwakilan kelasnya mengikuti lomba What is in the box. Aksi para guru yang terlihat menarik membuat para penonton tertawa melihatnya. Untuk lomba yang ketiga yaitu lomba sanyukilo pintar, lomba ini lebih cenderung membuat para partisipan yang mengikuti untuk tetap sabar dan pintar dalam menebak kata yang disediakan.

Lomba yang keempat, yaitu lomba Lepas Koin dengan koin yang ditancapkan ke dalam sebuah buah. Lomba ini membutuhkan partisipan dengan gigi yang kuat dan berani kotor. Untuk lomba yang terakhir menjadi puncak kegiatan dari lomba 17an, yaitu Lomba Sarung Bola Kerucut. Nah untuk teman-teman yang penasaran sama asal-usulnya lomba Sarung Bola Kerucut kami sudah menyiapkan jawabannya. “Asal-usulnya itu kita rapat malem-malem sebenarnya ini tuh mendadak terus kita pikirin rame-rame sampe akhirnya kita mikir kalo cuma sepak bola itu udah biasa banget pake sarung juga pasti udah banyak banget pengen mencoba untuk hal baru  yang jarang dan belum pernah diadakan yang sebenarnya untuk lebih menantang aja supaya lebih seru dan ternyata acaranya kemarin rame”, jelas Selly Wijiantie (Ketua Panitia).  Selain itu “Untuk meningkatkan solidaritasnya, bisa selalu kompak, bisa melatih kerjasama bareng-bareng gitu meningkatkan kepekaan juga sih sebenarnya.” Begitulah tujuan diadakannya lomba 17an ini.

 

Natania Regina Clarabella Serafina (X MIPA 1)

 

Selamat datang di situs resmi SMA Pangudi Luhur St.Yusup Yogyakarta .

Situs ini merupakan wujud dari kesungguhan kami untuk membangun komunikasi interaktif  antara sekolah, siswa, orang tua, alumni dan masyarakat demi meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini.

Melalui situs SMA Pangudi Luhur St.Yusup Yogyakarta, kami hantarkan Anda untuk mengakses berita dan perkembangan apa yang sudah ada sesuai dengan visi SMA Pangudi Luhur St.Yusup Yogyakarta yaitu “Terbuka Menghadapi Tantangan Zaman”.


Salam dan hormat kami,





Drs. Br. Yohanes Sudaryono, M.Pd, FIC.
Kepala SMA Pangudi Luhur St.Yusup Yogyakarta


 
PL-CUP

Dengar-dengar SMA Pangudi Luhur Yogyakarta akan mengadakan even olahraga dengan judul PL-CUP

Informasi silahkan cari di media sosial coba cari di facebook, twitter, blog atau silahkan googling.

terima kasih


admin


 
Ber-orasi di Pelantikan Jurnalistik

12 anggota dan pengurus baru ekstrakurikuler (ekskul) jurnalistik SMA PL Santo Yusup Yogya dilantik Sabtu-Minggu, 3-4 November 2018. Acara pelantikan ini juga melibatkan 5 alumni PELITA, Guru Pendamping Bapak Benediktus Banik dan Pembimbing Jurnalistik Ign Adjie RP. Acara dibuka oleh Kepala Sekolah Drs Bruder Yohanes Sudaryono, MPd, FIC. Dalam amanat singkatnya Bruder berharap pelantikan ini dapat menggugah semangat peserta ekskul jurnalistik untuk semangat berkarya jurnalistik dan dalam mengelola majalah sekolahnya.

Acara diawali dengan pemberian materi kejurnalistikan. Materi 1  tentang fotografi jurnalistik yang disampaikan Redaktur Foto Harian Jogja, Desi Suryanto. Pembicara selain menjelaskan hakikat fotografi jurnalistik, trik-trik menghasilkan foto-foto jurnalistik yang menarik dan berkualitas, memberi caption (keterangan foto) juga menampilkan foto-foto hasil karya sang pembicara yang sudah belasan tahun menjadi fotografer surat kabar itu. Usai penyampaian materi, peserta dibagi dalam kelompok kemudian praktik memotret di lingkungan sekitar sekolah, hasil karya foto tersebut kemudian dipresentasikan dan dievaluasi.

Sesi makan malam memberi kesan tersendiri. Berbekal daun pisang dan karpet, mereka makan bersama dengan model lesehan. Kebersamaan dan kehangatan sangat terasa saat itu. Karena tak sanggup menghabiskan porsi makanan yang melimpah ruah, kami memutuskan  untuk membagikan makanan yang ada pada tukang becak di sekitar 0 km.

Setelah itu kembali ke pemberian materi tentang liputan dan teknik penulisannya oleh Ujang Hasanudin, wartawan Harian Jogja. Dalam sesi ini peserta juga diminta berpraktik meliput di luar sekolah, namun sayangnya praktik ini kurang berjalan lancar karena terkendala oleh padatnya lalu lintas dan rombongan wisatawan dan banyaknya bus pariwisata yang parkir di dekat sekolah.

Hari kedua, pukul 05.30 para peserta melakukan senam pagi di indoor sekolah setelah itu mandi dan mengikuti Misa Minggu Pagi di Gereja Fransiskus Xaverius Kidul Loji yang jaraknya hanya beberapa meter dari sekolah.

Pulang dari Gereja, peserta mengikuti pemberian materi terakhir, tentang manajemen redaksional dari Ign Adjie RP, Pembimbing Ekskul Jurnalistik SMA PL Yogya. Setelah itu kegiatan pra pelantikan yakni seluruh peserta diminta ber-orasi dengan tema bebas di kawasan titik nol kilo meter dan kawasan Pasar Beringharjo. Selain itu peserta  juga diminta melakukan wawancara dengan 10 wisatawan yang ada di kawasan itu.

Pelantikan Pengurus dan Anggota Baru ditandai dengan penyerahan secara simbolis buku notulensi rapat dari Ketua lama Angela Silvia S kepada Ketua baru Francesco Timothy P. Dalam kesempatan itu pengurus baru dan anggota baru menyerahkan kenang-kenangan kepada pengurus lama dan alumni jurnalistik SMA PL Yogya. Acara ditutup dengan foto bersama. Para anggota baru jurnalistik mengaku lega, bangga dan terharu setelah dilantik.

 
«MulaiSebelumnya12345678910BerikutnyaAkhir»

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
 

Kalender Akademik

<<  April 2022  >>
 Se  Se  Ra  Ka  Ju  Sa  Mi 
      1  2  3
  4  5  6  7  8  910
11121314151617
18192021222324
252627282930